Apa Saja Tahapan Perkembangan Bayi Usia 1 Hingga 12 Bulan? Yuk Simak!

orang anak di tengah keluarga memang menjadi sebuah moment tak terlupakan. Mengikuti setiap waktu pertumbuhannya memberikan rasa suka cita bagi ayah dan bunda. Tahukah Anda bahwa periode perkembangan bayi yang paling menentukan adalah pada masa 1 bulan hingga 12 bulan. Masa-masa inilah yang menjadi titik penting yang akan menentukan perkembangannya di masa mendatang.

Aktivitas Di Setiap Tahap Perkembangan Bayi Usia 1 – 12 Bulan

Bayi memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda-beda. Tidak semua bayi dapat melakukan hal yang serupa pada usia yang sama. Ada bayi yang perkembangannya cukup pesat sehingga ia bisa melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan bayi di atasnya, namun ada juga bayi yang belum melakukan sesuatu aktivitas padahal usianya telah mencukupi.

Berikut ini adalah tahapan perkembangan bayi dari usia 1 bulan hingga 12 bulan yang bisa Anda pelajari. Diantaranya adalah :

  1. Usia 1 Bulan

Pada usia ini, kemampuan umum yang harus dimiliki bayi adalah mengangkat kepala, merespon suara panggilan baik itu orang tuanya atau orang lain, mampu memfokuskan mata memandang wajah, dan bisa membedakan pola hitam putih.

  1. Usia 2 Bulan

Umumnya, bayi yang memasuki usia 2 bulan akan memiliki kemampuan seperti mengoceh meskipun yang keluar hanya suara dengkuran, memandang atau mengikuti sebuah objek yang bergerak, dan menegakkan kepala dalam beberapa waktu.

  1. Usia 3 Bulan

Bayi akan mulai tersenyum dan tertawa pada usia 3 bulan. Di samping itu, dia juga telah memiliki kemampuan untuk mengenali wajah dan aroma tubuh terutama kedua orang tuanya. Bayi usia 3 bulan juga bisa menahan kepalanya agar lebih stabil ketika mendongak.

  1. Usia 4 Bulan

Di usia 4 bulan, bayi akan memiliki kemampuan menahan berat badan pada kakinya ketika seseorang meletakkannya dalam posisi berdiri. Dia juga akan sedikit mengoceh jika diajak berbicara, selain itu bayi juga bisa melakukan push up kecil pada posisi tengkurap.

  1. Usia 5 Bulan

Menginjak usia 5 bulan, bayi pada umumnya sudah bisa berguling-guling dengan sendirinya. Ia juga bisa bermain-main dengan tangan dan kakinya sambil terkadang menggigit jari-jarinya, kemudian bayi juga sudah bisa membedakan warna yang pekat dan warna terang.

  1. Usia 6 Bulan

Bayi pada usia ini sudah bisa menoleh pada sumber suara, menirukan suara yang ia dengar dan memainkan ludahnya sendiri.

  1. Usia 7 Bulan

Pada usia 7 bulan, bayi bisa duduk dengan sendirinya atau tanpa dibantu, menggapai suatu benda dengan menyapunya, dan menirukan suara orang.

  1. Usia 8 Bulan

Di usia ini, bayi sudah bisa memanggil orang tuanya dengan sebutan mama atau papa, ia juga akan mulai merangkak, dan juga memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya.

  1. Usia 9 Bulan

Umumnya, bayi akan memiliki kemampuan memadukan ocehan dan meniru kata-kata. Ia juga bisa berdiri sambil berpegangan pada sesuatu benda dan juga sudah bisa melempar dan mengambil barang.

  1. Usia 10 Bulan

Bayi sudah bisa melambaikan tangan, merangkak dengan baik dan menggunakan gerakan lebih rumit seperti menjepit benda dengan tangannya.

  1. Usia 11 Bulan

Anda bisa mulai bermain cilukba dengan sang anak pada usia ini, sekaligus membantunya berdiri sendiri selama beberapa menit.

  1. Usia 12 Bulan

Pada usia 12 bulan, bayi sudah bisa menirukan aktivitas orang lain, mengoceh dengan kata-kata yang lebih jelas dan menunjukkan keinginan dengan bahasa tubuh.

Itulah tahapan perkembangan bayi berdasarkan usianya. Aktivitas di atas bukan merupakan patokan utama, bayi bisa melakukan lebih atau kurang dari aktivitas di atas tergantung dari kondisi, karakter dan kemampuan bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *