Penyebab Dan Tanda Tanda Hamil Kosong

Tanda tanda hamil kosong – Apakah anda pernah mendengar kata kehamilan kosong? Ya, mungkin sebagian orang pernah mendengar dan sebagian lagi sama sekali belum mendengar istilah tersebut. Hamil kosong merupakan salah satu jenis masalah yang sangat berbeda dengan hamil anggur atau yang lebih dikenal dengan hamil diluar kandungan. Kasus kehamilan kosongĀ  akan menyebabkan semua ibu hamil merasa sangat kecewa karena bisa dikatakan bahwa kehamilan ini adalah kehamilan palsu.

Biasanya, hamil kosong sering terjadi ketika usia kehamilan awal atau trimester pertama dan sangat disayangkan seorang ibu hamil yang mengalami kehamilan kosong ini sama sekali tidak merasakan dirinya sedang hamil dikarenakan janin didalam perut tidak tumbuh dan berkembang sama sekali. Lebih jelasnya hamil kosong merupakan salah satu proses kehamilan yang terjadi saat sel telur telah dibuah dan menempel di dinding rahim namun embrionya tidak berkembang sebagaimana mestinya.

Sama halnya dengan kehamilan yang normal biasanya hamil kosong juga ditandai dengan beberapa gejala gejala awal kehamilan seperti mual dan muntah atau lebih dikenal dengan morning sicknes, sensitif terhadap bau, kondisi tubuh terasa mudah lelah dan sebagainya sehingga akan sulit memastikan apakah ibu hamil tersebut mengalami kehamilan normal atau sebaliknya maka untuk memastikannya ibu hamil perlu melakukan USG sejak dini.

Apa Penyebab Hamil Kosong?

Banyak sekali para ibu hamil yang bertanya apa yang menyebabkan terjadinya hamil kosong. Biasanya hamil kosong sering dikaitkan dengan terjadinya keguguran saat hamil muda. Penyebab hamil kosong merupakan sebuah tanda bahwa tubuh ibu hamil tidak mengenali ada bagian kromosom yang tidak dikenal dan tidak berkembang pada janin dan secara alami tubuh ibu hamil tidak akan melanjutkan proses kehamilan.

Selain itu, penyebab hamil kosong juga terjadi saat adanya sel yang membelah secara tidak sempurna yang diakibatkan oleh kualitas sel sperma serta sel telur yang buruk. Biasanya kehamilan kosong ini disebabkan juga karena faktor genetik wanita ataupun laki-laki.

Lalu, Apa Saja Tanda Tanda Hamil Kosong?

Hamil kosong biasanya ditandai dengan beberapa hal berikut ini :

  1. Terlambatnya Menstruasi

Tanda tanda hamil kosong yang pertama yaitu terlambatnya menstruasi. Hal ini tentu saja sama dengan tanda awal kehamilan normal. Namun, tanpa disadari ternyata jika kehamilan tersebut kosong maka kantung kehamilan tidak terbentuk sehingga untuk memastikannya anda perlu melakukan pemeriksaan.

  1. Tes Urin Positif

Tanda tanda juga tentunya hampir sama pada saat seorang wanita sedang hamil normal karena biasanya hamil kosong juga ditandai dengan sel telur dibuahi dan menempel pada rahim namun sayangnya tidak berkembang.

  1. Perut Terasa Kembung

Perut kembung yang akan menyebabkan ibu hamil merasa tidak nyaman merupakan salah satu tanda tanda hamil kosong. Biasanya perut kembung yang akan dirasakan terasa lebih perih, susah untuk makan dan merasa ada gas yang terjebak didalam perut sehingga ibu hamil akan merasa tidak nyaman dan lemas.

  1. Sakit Dada

Nah, tanda tanda hamil kosong berikutnya adanya tekanan yang kuat sehingga dada akan terasa lebih sesak. Kondisi ini merupakan salah satu tanda bahwa ibu hamil mengalami kehamilan kosong.

Itulah beberapa tanda tanda hamil kosong yang perlu diketahui oleh ibu hamil. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan terbaru untuk anda!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *